Optimasi Instagram (1/5): Semua hal yang harus kamu ketahui tentang akun publik instagram (beta)

Bila kamu tahu seseorang yang harus tahu artikel ini, bantu dia mendapatkannya. Aku yakin dia akan sangat berterimakasih padamu :)
PERHATIAN!

Ini adalah Bagian 1 dari materi optimasi instagram marketing. Bagian 2Β  ada di sini dan daftar materi lengkap ada di sini.

jumlah pengguna instagram di indonesia
Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Februari 2020
jumlah pengguna instagram di indonesia
Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia Juli 2020

Pada Februari 2020 terdapat 62.470.000 pengguna Instagram di Indonesia, yang merupakan 22,8% dari jumlah penduduk.

Pada Juli 2020 terdapat 73.790.000 pengguna Instagram di Indonesia, yang merupakan 27% dari jumlah penduduk.

Hanya dalam kurun waktu 5 bulan saja (Februari-Juli) jumlah pengguna instagram di indonesia bertambah lebih dari 10 juta pengguna. 

Dengan potensi yang begitu besarnya, sudah saatnya untuk melakukan optimasi instagram kamu sendiri.

Jenis-jenis akun instagram

Bila kita kelompokkan ada banyak sekali jenis akun instagram. Biar lebih mudah mari kita kelompokkan menjadi 3 saja, yaitu:

1. Akun personal

Contoh postingan akun personal

Postingan di atas adalah salah satu contoh akun personal. Biasanya berisi foto atau video pribadi sebagai bentuk ekspresi yang kita tunjukkan ke teman-teman kita.

Btw, di atas itu akun personal saya dan postingan tadi adalah foto lama saya kalau sekarang gak perlu ditanya lah yaa, yang jelas jauh lebih ganteng :D.

2. Akun jualan (online shop)

instagram online shop @guecucigudang

Kamu sedang sering lihat kan, kalau boleh dibilang itu namanya akun jualan atau akun katalog. Tujuan dibuatnya akun itu ya buat posting barang jualan dan berharap ada yang tanya-tanya terus beli deh.

Satu ciri yang paling mencolok dari akun jualan ialah jumlah likenya dikit banget. Ini contohnya:

contoh postingan akun jualan (online shop)

Noh, bener kan… followers nya boleh lah 900 an tapi yang like cuma 7 :D. Boleh juga kamu lihat akun jualan yang lain, rata-rata begitu dah.

Memang sudah tabiat kita, gak suka dijuali, tapi suka belanja (aneh ya? :D).

Maka dari itu akun jualan perlu sumber traffic, biar barang jualan mereka dilihat lebih banyak orang. Bila ada budget yang cukup, bisa coba instagram ads, endorse artis, paid promote, atau metode promosi berbayar lainnya.

Namun, bila budget buat promosi mepet atau bahkan gak ada kamu bisa pertimbangkan untuk membuat akun publik instagram sebagai sumber traffic.

Disclaimer: akun jualan di atas adalah milik salah satu responden saya saat mau membuat kursus ini, saya gak minta izin dulu. Tapi menurutku sepertinya dia gak keberatan, sekalian dipromosikan gratis disini, hehe :D.

3. Akun publik (media)

nah, ini yang kamu tunggu-tunggu. Akun instagram yang akan kita bahas sampai 5 artikel ke depan, akun publik instagram atau media. Boleh lihat dulu nih contoh postingannya:

Contoh postingan akun publik instagram tema motivasi
Contoh postingan akun publik instagram tema resep masakan
Contoh postingan akun publik instagram tema humor/komedi

dari contoh-contoh tadi, sudah kebayang kan apa itu akun publik? Nih aku kasih definisinya

Akun publik adalah akun instagram yang membahas satu topik/tema/niche tertentu, dan biasanya kontennya repost dari akun/sumber lain.

Mas Nan

Dalam optimasi instagram, inilah jenis akun yang akan kita laukan optimasi.

Kalau kamu perhatikan juga akun publik instagram biasanya telah beralih ke mode profesional, bisa ke ke mode akun bisnis atau akun kreator.

Dengan beralih ke mode profesional, biasanya ada label kategori dibawah nama akun publik. Namun, karena alasan tertentu ada pula akun yang menyembunyikan label kategori pada akun mereka.

Dengan beralih ke mode profesional, pemilik atau admin akun publik instagram bisa melihat insight (statistik) dari tiap postingan hingga jangkauan akun mereka. Ini akan saya bahas lebih lebih lengkap pada materi 3.

Kenapa harus membuat akun publik instagram?

Distribusi followers instagram 2020 Sumber: https://mention.com/en/reports/instagram/followers/

Distribusi followers instagram 2020

Lebih dari 50% akun Instagram memiliki jumlah followers kurang dari 1.000 (52,35%). Segmen terbesar berikutnya adalah akun instagram yang memiliki antara 1.001 – 10.000 followers (37,41%) dan bila disatukan kedua segmen tersebut merupakan mayoritas akun Instagram.

Selanjutnya 7,58% memiliki 10.001 – 50.000 followers dan hanya 1.2% yang memiliki 50.001 – 100.000 followers. Terakhir, dua segmen terkecil adalah akun instagram yang memiliki 100.001 – 1 juta+ followers, yang hanya 0,32% dari total akun yang terdaftar.

Bila saya ringkas, sekitar 90% akun instagram memiliki follower kurang dari 10.000, hanya 10% akun instagram yang memiliki lebih dari 10.000 followers (bisa swipe up). Atau bisa dibilang, hanya 10% pengguna yang melakukan optimasi instagram sehingga 10% pengguna instagram menjadi pusat perhatian bagi 90% pengguna lainnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut, akun instagram dengan followers terbanyak di Indonesia. 

Akun instagram paling banyak di follow oleh orang-orang Indonesia

akun instagram paling banyak followers di indonesia
akun instagram paling banyak follower di indonesia
akun instagram paling banyak followers di indonesia
akun instagram paling banyak follower di indonesia

Sumber: https://hypeauditor.com/top-instagram-all-indonesia/

Gambar di atas adalah 50 akun instagram yang paling banyak difollow di indonesia. 50 akun instagram di atas berasal dari berbagai kategori, ada pemain sepakbola, artis, boyband/girlband, musisi solo, aktor, klub sepakbola, presiden, youtuber, influencer, hingga model. Mereka dapat dengan mudah mendapatkan followers karena terus-terus disorot media mainstream maupun media sosial.

akun instagram ronaldo
akun instagram kylie jenner
akun instagram selena gomez
akun instagram bts
akun instagram lisa blackpink
akun instagram ariana grande
akun instagram lee min ho

Namun, bagaimana bila kamu bukan salah satu dari mereka, hanya manusia biasa yang punya akun instagram. Salah cara termudah yang pernah saya lakukan yaitu melaukan optimasi instagram kamu dengan membuat akun publik.

Cara Optimasi Instagram untuk Akun Publik

Tujuan Instagram sebagai perusahaan

Valuasi Instagram

valuasi instagram

Jenis Perusahaan: Untuk Keuntungan

Instagram adalah aplikasi berbagi foto gratis yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan filter, dan membagikannya di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, dan Posterous. Ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil dan menyesuaikan foto dan video mereka dengan beberapa efek filter yang dibuat khusus.

Dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, Instagram kompatibel dengan semua perangkat iOS dan Android. Saat ini digunakan oleh lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.

Instagram didirikan pada 2010 di San Francisco, California. Itu diakuisisi oleh Facebook pada April 2012.

crunchbase

Statistik Pendapatan Instagram

Sumber: facebook investor relations

Instagram dimonetisasi sebagai platform periklanan pada tahun 2013.

Platform ini dibeli oleh Facebook seharga $ 1 miliar pada tahun 2012. Hal ini mempersulit pengukuran statistik pendapatan Instagram secara akurat, jadi harus mengandalkan perkiraan.

Facebook menghasilkan pendapatan $ 16,9 miliar pada Q2 2019, $ 16,6 miliar di antaranya adalah pendapatan iklan (98%). 94% dari pendapatan Facebook adalah pendapatan iklan seluler selama kuartal ini – naik dari 91% di Q1. Pendapatan untuk kuartal ini melebihi perkiraan, yaitu $ 16,5 miliar.

Seperti yang dapat kita lihat, pendapatan iklan menyumbang keseluruhan pendapatan Facebook secara efektif. 

Sumber: Niko Julius

Dari data yang sapa paparkan di atas. Instagram adalaha perusahaan yang diciptakan untuk profit (keuntungan). Sebagai perusahaan start up, Instagram juga mengejar valuasi perusahaan yang dihitung nilai berdasarkan jumlah users (pengguna).

Pendapatan Facebook (induk dari instagram) 98% berasal dari iklan. Agar dapat memaksimalkan keuntungan, maka diperlukan banyak tempat beriklan (ads spot). Agar didapatkan tempat beriklan (ads spot) yang banyak maka Instagram berusaha membuat penggunanya betah berlama-lama di instagram.

Agar pengguna betah berlama-lama maka instagram menyajikan konten yang relevan bagi pengguna. Relevansi ini bisa diperoleh dari postingan yang pernah di-like, video yang ditonton, akun yang di-follow, dan lain sebagainya. Dengan menyajikan konten yang relevan memicu audience untuk like, comment, share, dan save yang selain membuat betah juga dapat menambah jumlah pengguna instagram.

Jadi, jika kamu mau kontenmu dipromosikan instagram secara gratis ke audience buatlah konten yang relevan. Dengan begini, optimasi instagram kamu akan jadi lebih mudah.

Apa itu konten yang relevan?

Orang-orang (audience) menggunakan Instagram  untuk berbagi momen, menemukan minat, mendapatkan inspirasi, dan mengambil tindakan

Facebook Blueprint

Untuk berbagi momen instagram telah menyediakan story, feed, dan IG TV. Namun, untuk membantu audience menemukan minat, mendapatkan inspirasi, dan mengambil tindakan diperlukan konten yang relevan

Agar konten kita relevan bagi audience, setidaknya ada tiga jenis konten yang bisa kita bagikan, yaitu educate, entertaint, dan inspire. Contoh untuk setiap jenis konten ini sudah saya tunjukkan di contoh akun publik, bisa kamu tebak sendiri ya masuk jenis educate, entertaint, atau inspire untuk masing-masing konten.

Lebih jauh tentang ini akan dibahas di materi 4.

Instagram funnel: Perjalanan audience menemukan akun kita

optimasi instagram
Instagram Audience journey

Disclaimer: Pada ilustrasi kali ini kita hanya fokus pada feed atau postingan. Untuk story, direct message dan yang lainnya sementara kita abaikan dulu biar mudah kamu pahami. 

Mari kita ilustrasikan, A atau (Actor) baru saja membuka aplikasi instagram. Pertama, dia mengecek beranda untuk melihat postingan dari akun atau hashtag yang dia follow. Ada banyak postingan yang dia lihat,  scroll-scroll terus hingga dia berhenti di postingan menarik perhatiannya. 

Postingan itu amat mengena bagi A, hingga ia memberikan like, berkomentar, membagikan postingan itu ke story-nya dan men-save postingan itu agar bisa dia lihat lain waktu.

Karena penasaran, ia mengunjungi profil akun itu dan melihat-lihat postingan lainnya yang mungkin saja bisa memberinya inspirasi. 


Setelah puas, A melanjutkan untuk mengecek tab explore. Ada banyak postingan disana, namun perhatiannya terhenti pada satu postingan.

View this post on Instagram

NOPE πŸ™…β€β™‚οΈ

A post shared by WowShack (@wowshack) on

Postingan itu mewakili perasaan si A, karena ia merasa takut bila tidur dengan jendela terbuka. Karena penasaran, ia mengunjungi akun yang memposting itu dan melihat-lihat konten lain yang manatahu bisa menghiburnya. Karena menurutnya, konten-konten akun itu relevan dengan dirinya, Si A memutuskan untuk mem-follow akun tersebut.

Ini adalah insight dari postingan dari salah satu akun saya minggu lalu. Postingan di atas berhasil menjangkau 530.809 orang. Jangkauan postingan tersebut berasal dari:

  1. Jelajah (explore): 497.054
  2. Tagar (hashtag): 16.553
  3. Beranda: 655
  4. Lainnya: 3057

Total Jangkauan: 530.809

Dari 530.809 orang yang terjangkau oleh postingan ini, 930 orang melanjutkan untuk kunjungan profil dan hanya 30 orang yang akhirnya mem-follow akun saya. Jika setiap postingan kamu bisa menghasilkan statistik seperti ini atau bahkan lebih bagus, melakukan optimasi instagram akan jadi lebih mudah.

Ini hanyalah salah satu ilustrasi, hasil bisa berbeda-beda untuk tiap akun instagram yang kamu kelola.

Agar lebih mendalam, silahkan baca postingan dari Niko Julius tentang instagram funnel

Bila kamu ingin belajar lebih dalam tentang cara kerja instagram, silahkan ikuti webinar gratis dari ko Niko Julius.

Cara monetisasi akun instagram publik

Mengarahkan followers ke akun jualan (katalog)

Setidaknya ada cara 6 cara untuk mengarahkan followers akun publik ke akun jualan kita, berikut saya berikan contohnya:

Disclaimer: tidak semua akun yang ada di contoh ini adalah akun publik, beberapa merupakan akun personal branding. Tujuan contoh ini hanya untuk memberi gambaran saja, agar mudah kamu implementasikan di akun instagram kamu sendiri.

Swipe up di story/highlight

Tag di story/highlight (alternatif buat yang belum bisa swipe up)

Tag di bio

Tag di postingan/igtv

Tag di caption

Tag di pinned comment

Ini merupakan fitur baru instagram yang rilis belum lama ini, penggunaan pinned comment ini tidak jauh berbeda dengan caption. Bila kamu ingin menjual secara lebih halus, kamu bisa membuat Call To Action untuk jualanmu di pinned comment ini.

Link di bio

Bila kamu belum punya akun jualan (online shop) di instagram, kamu bisa mengarahkan followers ke website, marketplace, Whatsapp Business, dan sebagainya melalui link di bio. Instagram hanya menyediakan satu link saja, namun kita bisa menggunakan layanan seperti biolinky.co agar bisa menampilkan beberapa link di bio kamu. Berikut contoh tampilannya: 

Kenapa akun publik dan akun jualan (katalog) harus dipisah?

Setiap orang mempunyai maksud atau tujuan tertentu untuk men-follow suatu akun. Bila kamu memposting konten-konten yang bermanfaat kemudian tiba-tiba kamu bernafsu untuk memposting jualanmu di akun yang sama.

Pengunjung akunmu akan menebak-nebak tujuan akunmu dibuat. Mereka mengira akunmu dibuat untuk mengumpulkan mereka untuk akhirnya dijuali. Meskipun akhirnya akun kamu akan dimonetize, lakukan secara halus dengan menerapkan tips-tips yang sudah saya share di atas. 

mahir copywriting dewa eka prayoga
Sumber: mahir copywriting dewa eka prayoga

Metode monetisasi lainnya

  • Paid promote

Ini tidak perlu saya jelaskan, sudah banyak penjelasannya dari sumber-sumber yang lain

  • Jual akun

Bila memang kondisi keuangan kamu sedang sekarat, menjual akun instagram bisa menjadi salah satu alternatif mendapatkan uang secara instan. Harga akun instagram dengan followers organik berkisar antara 1 juta – 1,5 juta untuk setiap 10K followers, bila akun followers akunmu lebih dari itu tinggal dikalikan saja.

Setahun yang lalu teman kuliah saya menjual akun instagramnya yang telah ia lakukan optimasi instagram selama 8 bulan. Kalau kamu pernah dengar nama akunnya @motivationmu, akun itu ia jual ketika “masih” 180K followers dengan harga 18 juta rupiah. 

Bila kamu belum punya akses ke komunitas atau forum jual beli akun instagram, ini adalah salah satu forum yang saya ikuti.

grup jual beli akun instagram
Ada ko Niko Julius juga di grupnya

Saya sudah beberapa kali memanfaatkan grup ini untuk menjual akun instagram milik saya sendiri maupun milik teman. 

Seperti yang kamu lihat di masa pandemi seperti sekarang geliat grup tersebut tidak pernah padam justru malah semakin ramai. Artinya ada banyak transaksi yang terjadi setiap harinya.

Ditambah lagi disediakan fasilitas rekening bersama oleh admin grup yang menjamin keamanan transaksi kita. Demi alasan keamanan, admin grup telah menutup akses untuk bergabung ke grup ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk sekarang, kondisi yang ada pembeli akun instagram jauh lebih banyak daripada penjualnya. Jadi bila sewaktu-waktu kamu terpaksa untuk menjual akunmu, saya bantu menjualkannya di grup ini. Insya Allah akunmu akan laku terjual dalam hitungan jam, seperti akun teman saya yang baru terjual beberapa bulan yang lalu.

Penutup

Cara memilih tema/topik atau niche instagram akan saya akan bahas di materi berikutnya. Jangan lupa bergabung di growth zone newsletter dan grup diskusi (FB) agar tidak ketinggalan update.

Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Silahkan berdiskusi di kolom komentar bila ada kendala atau bisa juga kontak saya disini

-mas nan

N.B: Dampak pandemi ini sudah sangat luar biasa. Bila menurutmu artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu orang seperti kamu. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. SHARE πŸ˜€

Bila kamu tahu seseorang yang harus tahu artikel ini, bantu dia mendapatkannya. Aku yakin dia akan sangat berterimakasih padamu :)